Rumah Pohon Belajar

tempat berpikir terbuka menyajikan wacana

Profil Perjalanan TIM Olimpiade SMPN 1 Lamongan


prof yohaSaat saya pertama kali menginjakkan kaki di sekolah ini untuk pertama kalinya pada April 2009. saya punya mimpi untuk menjadikan sekolah ini sekolah para juara. impian yang gampang-gampang susah. mengingat sekolah ini bukan sekolah besar bukan sekolah kecil. sekolah ini merupakan salah satu sekolah favorit di kota Lamongan (baca:katanya) tetapi gaungnya di tingkat propinsi, nasional maupun internasional saat itu nyaris tak terdengar. what’s wrong? apa yang salah?

mulailah saya membangun mimpi itu dengan tangan saya. saya yang waktu itu masih fresh graduated bermimpi siswa saya ada yang mendapatkan medali di ajang OSN. mulailah saya ciptakan iklim OSN di sekolah ini. mulai dengan membuat klub-klub sains, fisika, biologi dan matematika sampai dengan KIR. di tahun pertama saya. saya membuat tim yang terdiri dari kelas 7 dan kelas 8 untuk menyongsong OSN (olimpiade Sains Nasional) 2010 yang akan diselenggarakan di Medan.

persiapan-persiapan sdh kami jalani. kesulitannya adalah menemukan siswa yang berbakat dan punya ambisi dan motivasi. ada siswa yang ambisi tapi tidak punya bakat. ada yang punya bakat tapi tidak berambisi dan bermental baja. hasilnya tahun2010 kami gagal menembus oSn di medan. kami hanya sampai pada level propinsi.

2010 adalah awal dari kebangkitan kami. saya ditunjuk oleh kepala sekolah untuk menjadi pelaksana OSN tahun ini.  saya selaku penanggung jawab program OSN tahun ini langsung membuat milestone dan renstra untuk program Go Get Gold pada sekolah kami. kami jadikan tahun 2010 ini menjadi tahun kebangkitan kami. (slogan go get gold merupakan inspirasi dari prof Yohanes Surya)

pada tahun 2010 ini saya mulai dengan diadakanya pembinaan secara rutin dan aktif mengikuti berbagai lomba tingkat propinsi maupun nasional yang diselenggarakan oleh PTN di Indonesia. tibalah saatnya untuk memilih Duta OSN dari sekolah kami. melalui seleksi tingkat sekolah terpilihlah siswa kelas 7 untuk mewakili sekolah. sedikit underestimet, namun itulah hasilnya siapa yang mendapat nilai tertinggi kelas 7 atau kelas 8 berhak mewakili sekolah.

DSC00803

Foto bersama Ilham (perunggu) pada OSN 2011 di Manado

dialah Abdulloh Kafabihi (BIO), Amirul Dipo W (Fisika), M Ilham Akbar S (Math) yang mewakili sekolah ini dalam ajang OSN tahun 2011 di manado sulawesi utara. dimulai dari seleksi kabupaten mereka bertiga lolos. seleksi propinsi mereka lolos akhirnya sampai pada OSN di Manado. di tahun itu merupakan medali pertama kami di ajanang OSN. sekeping medali perunggu matematika atas nama M Ilham Akbar S. sedikit kecewa ada karena dari 3 wakil kami di manado. hanya M Ilham yang dapat. tapi apapun itu. merupakan pencapaian yang luar biasa dalam sejarah sekolah kami kebetulan saya ikut mendampingi mereka di Manado. (alhamdulillah)

DSC00801Foto berempat dari kiri saya, fabi, ilham, dipo

Tahun 2012 OSN diselenggarakan di Pontianak Kalbar. tahun ini sesuai program kami. diawali dengan seleksi sekolah. akhirnya terpilih tiga anak tadi (baca:ilham, fabi,dan dipo) untuk mewakili sekolah. ini merupakan tahun kedua bagi mereka karena tahun sebelumnya (kelas 7) mereka sudah pernah berlaga pada ajang yang sama.

IMG_6885Foto di OSN 2012 di Pontianak dari kiri Dipo (Perak), Ilham, Fabi (Emas)

IMG_6879

Bersama Eko Sulistiono (guru pembimbing)

Besar harapan kami pada mereka, mengingat mereka sudah punya pengalaman dan bekal yang cukup untuk menghadapi lomba kali ini. tetapi saya yakin para kompetitor juga makin siap dengan hal ini, menginagta OSN merupakan ajang yang prestisius bagi sekolah. harapan kami jumlah medali meningkat daripada tahun kemarin.

hari yang dinantipun tiba. seleksi Tk kabupaten lewat, tingkat propinsi lewat. hingga akhirnya seleksi nasional di pontianak (ingat tiap tingkatan berat lho sainganya se jatim banyak sekolah favorit lain). setelah melewati seleksi dan penggemblengan dan pembinaan di sekolah maupun yang dilakukan di propinsi akhirnya tibalah saat pengumuman akhirnya di dapat 2 medali. 1 perak atas nama Amirul Dipo W dan 1 emas atas nama Abdulloh Kafabihi. Alhamdulillah.:). tiga bulan sebelumnya kami juga berjaya di ajang OSN antar Sekolah RSBI di solo dengan 2 perunggu bidang biologi dan fisika atas nama mereka berdua. sungguh suatu prestasi yang fenomenal dan sulit dilupakan.

akhirnya sudah 5 medali berada di lemari kami dengan perincian (1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu). semoga di tahun 2013 ini TIM Olimpiade SMPN 1 Lamongan kembali berjaya pulang membawa medali. terima kasih kepada bapak kepala sekolah, segenap guru pembimbing olimpiade. KITA MASIH HARUS TERUS BERDJOEANG!!

13 Comments

  1. hebat pak, pelopor. ditunggu buku OSN nya, kapan terbit?

    • doakan secepatnya!

      • selalu ditunggu karyanya,🙂. guru yang hebat

  2. Semoga sukses pak…

    • thanks arul. kamu jg yg semangt belajar.biar tahun depan itu kamu dutanya

  3. TZ

    selamat pak, terus berjuang , mohon di ikutkan pak 3 anak tadi ke tingkat SMA, yg saya ketahui peserta OSN SMA bidang fisika, biologi, dan matematika adalah kelas IX SMP, X SMA, dan XI SMA, Sukses SMPN 1 Lamongan
    NB.OSK SMA tingkat Kabupaten 2-4 April 2013

    • thanks. rencana mau ikut. tp biasanya lamongan konservatif g mau ngikutin. smoga saja bisa ikut

      maaf ini siapa?

      • TZ

        simpatisan smpn 1 pak, kalo gak boleh tolong di infokan ke wali murid ke tiga anak tadi, menurut juklak, boleh ikut lo pak

      • oke ibu

  4. MR Syamsuddin

    pak malik, mohon dengan sangat agar pendaftaran anak klas 9 SMP ikut OSN SMA tidak mendekati hari H nya pak, agar BILA gak boleh ikut , kami sebagai wali muridnya bisa ada waktu yg cukup untuk ikut membantu mengurus pak, kalo perlu ke diknas jatim, terimakasih sebelumnya pak

  5. ifat

    pak,,,, saya guru fisika dari jepara yang mau ngrintis OSN juga… tapi iklim osn di sekolah kami kurang memadai ditambah buku panduan yang kurang serta tidak adanya dukungan dari pihak sekolah…. tolong pak kasih tips tips serta file file materi untuk persiapan osn…… bisa kirim lewat email.. fhur36@yahoo.com. terima kasih pak………..

  6. pak alvan hebat…smoga kian jaya…tangan dingin mu memberikan inspirasi untuk ku melakhirkan generasi emas…go OSN to final

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: